oleh

Lewat Bisa Festival, RJK Ajak Anak-anak Muda Papua Cinta Budayanya Sendiri

-Berita, Daerah-22 Dilihat
banner 468x60

SORONG – bentengpapua.com. Anggota DPR RI Komisi X Robert Joppy Kardinal (RJK) secara resmi membuka kegiatan Bisa (Bersih-Indah-Sehat-Aman) Festival yang dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (8/2/2024).

Kegiatan Bisa Festival merupakan kegiatan kolaborasi antara Anggota DPR RI Komisi X Robert Kardinal dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Diaspora) Kabupaten Sorong.

banner 336x280

Anggota DPR RI Komisi X Robert Joppy Kardinal atau yang biasa dikenal dengan sebutan RJK itu mengungkapkan bahwa lewat kegiatan Bisa Festival ini akan diusahakan untuk mengkolaborasikan semua tarian-tarian tradisional yang ada di Tanah Papua agar tetap dipertahankan sehingga tidak hilang begitu saja.

“Sejatinya kita coba untuk kolaborasi semua tarian-tarian yang ada di Tanah Papua ini karena aslinya tarian-tarian ini berbeda-beda antara satu suku dengan suku yang lain, sehingga harus diserasikan lantaran banyak gerakan yang berbeda-beda juga, sehingga tarian-tarian ini tetap dipertahankan kalau tidak bisa habis,” tuturnya.

RJK juga menyebut mempertahankan kebudayaan bukan hanya di tanah Papua saja, melainkan semua daerah juga harus mempertahankan budayanya masing-masing agar tetap hidup dan dijadikan sebagai pelajaran untuk generasi yang akan datang.

Selain itu, dia juga berpesan kepada anak-anak muda Papua agar giat bersama dengan pemerintah daerah, seluruh tokoh masyarakat, tokoh adat, untuk melestarikan tarian-tarian tradisional Papua. Karena lewat tarian-tarian tradisional Papua inilah yang dapat menunjukkan jati diri yang sebenarnya.

“Lewat kegiatan Bisa Festival ini juga untuk mengajak anak-anak muda kita untuk cinta akan budayanya sendiri dan jauhi yang bukan budaya kita seperti minum minuman keras (miras) dan yang lainnya,” ungkapnya.

RJK juga optimis dan yakin akan bakat yang dimiliki oleh anak-anak muda Papua dalam mempertahankan tarian-tarian tradisional yang ada di Tanah Papua.

Selain itu, lewat Bisa Festival juga nantinya RJK akan mengadakan satu Festival untuk memperkenalkan sekaligus mempertahankan budaya tarian-tarian tradisional yang ada di Tanah Papua.

 

 

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed