oleh

Satuan Kapal Amfibi Koarmada III Gelar Latihan Embarkasi dan Debarkasi

-Berita, Daerah-309 Dilihat
banner 468x60

SORONG – bentengpapua.com. Bertempat di perairan sekitar Dermaga Mako Koarmada III, Katapop Kab Sorong Papua Barat Daya, Koarmada III melaksanakan Latihan Embarkasi dan Debarkasi Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada III TA 2024 yang didukung Resimen Kavaleri 3 Marinir (Menkav 3 Mar) Sorong dengan menurunkan 8 kendaraan tempur Tank Amfibi PT76 dan BTR50 dalam kegiatan uji fungsi Embarkasi dan Debarkasi di KRI Teluk Lada-521. Selasa (27/02/24).

Dikatakan Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada III Kolonel Laut (P) Hartanto, M.Tr.Hanla, selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat), bahwa latihan tersebut merupakan perintah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel unsur-unsur KRI Satfib Koarmada III tentang prosedur Embarkasi dan Debarkasi serta kerja sama secara tim sesuai dengan fungsi azasinya, serta mampu bekerjasama dengan unsur-unsur lain.

banner 336x280

Selain itu dengan latihan tersebut diharapkan akan meningkatkan keterampilan baik perorangan maupun kelompok dalam pelaksanaan embarkasi dan debarkasi baik personel, material maupun kendaraan di dalam kapal type LSTM, LPD , Frosch, dan AT serta mampu bertindak sebagai pengendali dan operator pada pelaksanaan embarkasi dan debarkasi sesuai standar operasi dan prosedur yang berlaku, ungkap Komandan Satfib Koarmada III.

Adapun materi latihan meliputi, prosedur pelaksanaan, perencanaan, perhitungan kebutuhan dan kemampuan muat serta pengenalan data teknis material mariner, pengendalian Ranpur pada saat Embarkasi dan Debarkasi di KRI, prosedur Embarkasi dan Debarkasi pasukan menggunakan jaring pasukan dan prosedur penanganan keadaan darurat pada saat Embarkasi dan Debarkasi serta praktek Embarkasi dan Debarkasi.

Pada bagian lain di tempat terpisah Pangkoarmada III menyampaikan bahwa latihan ini sebagai salah satu implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dalam bidang pengembangan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul dan professional, serta untuk meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Laut dalam menghadapi berbagai ancaman.

Selain itu Pangkoarmada III menjelaskan bahwa bahwa latihan tersebut, juga dilaksanakan sebagai persiapan pelaksanaan Operasi Trisila TA 2024 yang akan dilaksanakan pada beberapa waktu mendatang, dan pada kesempatan tersebut mengintruksikan agar latihan dilaksanakan secara serius, sehingga hasilnya akan maksimal.

“Semoga latihan dapat berjalan denga aman, tertib dan lancar serta yang paling penting adalah utamakan keselamatan selama kegiatan latihan,” ujarnya.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed